Jln. Raya Belitang BK.1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 22 November 2018

MTK TGT



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pembelajaran di SMP adalah upaya untuk mengembangkan potensi, kecakapan dan kepribadian siswa. Perkembangan aspek-aspek pada siswa tersebut tidak diberikan oleh guru, tetapi siswa sendiri yang berusaha mengembangkan dirinya. Fungsi guru hanyalah menciptakaan situasi, memberikan dorongan, arahan, bimbingan dan kemudahan agar siswa dapat belajar  dan mengembangkan dirinya. Dalam proses pembelajaran, interaksi siswa dipengaruhi berbagai faktor, antara lain: Karakteristik dan perkembangan siswa; Intelektual dalam belajar; Transfer dalam belajar dan Penyesuaian pembelajaran dengan perbedaan intelektual.
Matematika bagi sebagian besar siswa adalah mata pelajaran yang tidak disukai bahkan dibenci. Hasil survei sederhana yang dilakukan guru setiap awal tahun, jika ada pertanyaan mata pelajaran apa yang disukai siswa, maka jawabannya hampir 85% siswa menjawab selain mata pelajaran matematika. Sebaliknya jika ditanya mata pelajaran apa yang tidak disukai, maka hampir 75% menjawab matematika.
Celakanya fakta ini berlanjut sampai ditingkat pendidikan dan proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh sikap siswa yang sebagian besar kurang antusias ketika pelajaran akan berlangsung, rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru serta pemusatan perhatian terhadap pelajaran yang kurang, sebagian besar siswa pasif, mereka tidak berani berbicara tentang apa yang sudah dan belum diketahui, konsep-konsep mereka benar atau salah sulit diketahui guru, meskipun guru telah berusaha menjelaskan materi dengan semaksimal mungkin. Namun demikian ternyata hasilnya belum optimal, ini ditunjukan dengan ketuntasan belajar yang masih rendah. Hasil pengamatan lainnya adalah kurangnya motivasi belajar terhadap pembelajaran matematika antara lain:

1)        Minat siswa terhadap matematika rendah
2)        Kemampuan siswa rendah
3)        Siswa beranggapan matematika sebagai pelajaran hapalan
4)        Siswa tidak dilibatkan secara aktif
5)        Guru kurang melaksanakan variasi kegiatan pembelajaran
6)        Dukungan dari keluarga di rumah kurang
Untuk mengatasi kurangnya motivasi siswa dalam pelajaran matematika maka perlu usaha peningkatan motivasi dengan memberi variasi model pembelajaran yang bersifat Cooperative Learning yang menarik atau menyenangkan, yang melibatkan siswa, yang dapat meningkatkan aktivitas dan tanggung jawab siswa.
Banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah model pembelajaran dengan tipe “Teams Games Tournament” atau biasa disingkat TGT. Dalam TGT siswa melakukan permainan-permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. Dengan suasana permainan dalam pembelajaran maka diharapkan akan menarik dan menimbulkan efek rekreaktif  dalam belajar siswa. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam model pembelajaran Cooperative Learning dengan tipe TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Berdasarkan uraian di atas, upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang akan dilakukan penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Pembelajaran Bilangan Bulat Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pembelajaran 2017/2018”.
  



1.2    Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, selanjutnya masalah dalam penelitian ini diidentifikasi sebagai berikut:
1.2.1        Apakah dengan menerapkan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang?
1.2.2        Apakah dengan menerapkan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang?
1.2.3        Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran TGT?

1.3    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, identifikasi masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah terdapat peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Pembelajaran Bilangan Bulat Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pembelajaran 2017/2018?”.

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.4.1        Meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT).
1.4.2        Meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT).
1.4.3        Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT).

1.5    Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1.5.1    Bagi siswa
a.    Dalam proses pembelajaran siswa lebih tertarik dan lebih menyenangkan.
b.    Membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan aktivitas siswa lebih meningkat.
c.    Melatih siswa lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.
1.5.2    Bagi guru
a.    Dapat memberi sumbangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
b.    Sebagai informasi bagi guru-guru matematika, khususnya guru matematika sekolah menengah pertama mengenai pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dengan tipe Teams Games Tournament (TGT).
1.5.3    Bagi sekolah
Diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas sekolah, khususnya mata pelajaran matematika.



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1         Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.        Motivasi belajar Matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang secara umum mengalami kenaikan rata-rata motivasi minimal cukup baik yang awalnya sebesar 75% siswa pada siklus I menjadi 82% siswa pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 90% siswa. Hal ini menurut analisis guru dikarenakan sebagai berikut: (1) Siswa senang dengan variasi model pembelajaran yang menurut mereka baru dan belum pernah mereka dapat sebelumnya (2) Materi pembelajaran yang dibahas relatif dapat dipahami oleh siswa karena di jenjang sekolah sebelumnya pernah diajarkan.
2.        Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) secara nyata dan signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang. Peningkatan prestasi belajar Matematika siswa pada setiap siklus dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 5.1 Hasil Penelitian pada setiap Siklus
Siklus I
Siklus II
Siklus III
T
TT
T
TT
T
TT
46,15%
53,85%
69,23 %
30,77%
88,46%
11,54%
Berdasarkan tabel 5.1 terjadi peningkatan presstasi belajar Matematika siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi Bilangan Bulat rata-rata mencapai 21,16%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) secara nyata dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Buay Madang.
5.2         Saran
            Beberapa saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
5.2.1   Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru yang dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa.
5.2.2   Tournamen/permainan dalam model pembelajaran Team Games Tournament (TGT), hendaknya dirancang sedemikian rupa sehingga siswa lebih tertarik lagi dan dapat meningkatkan motivasi pada diri siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi siswa.



Download Laporan PTK ini secara lengkap melaluai Link Berikut:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Follow Us

web.facebook.com/smpnegeri2buaymadang

Wibesite

smpn2buaymadang.blogspot.com

Connect Us

E-mail : smpn2buaymadang@gmail.com or smpn2buaymadang@yahoo.co.id