Jln. Raya Belitang BK.1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 22 November 2018

IPS NHT



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan di Ujian Sekolah pada setiap akhir tahun pelajaran yang juga ikut menentukan predikat kelulusan setiap siswa SMP, karena dari pelajaran IPS tersebut diharapkan siswa mampu meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah sosial disekitarnya serta mampu menerapkan ilmu yang mereka dapat dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga penguasaan terhadap materi pelajaran IPS perlu mendapat perhatian khusus. Salah satu materi ajar yang perlu mendapat perhatian khusus itu adalah pada bab Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi.
Permasalahannya kondisi siswa di pembelajaran Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi seringkali didominasi oleh kegiatan menulis, mencatat, mendengarkan guru menerangkan, membaca buku. Semua itu adalah aktivitas yang dilakukan oleh otak kiri saja sehingga siswa sering merasa bosan untuk belajar dan kurang memiliki inisiatif untuk aktif secara individu maupun berkelompok. Problem lainnya juga nampak pada sebuah momen pembelajaran seringkali jika guru memanggil siswa untuk tampil di depan kelas pemandangan yang terjadi nyaris selalu ada dua kondisi yang muncul yaitu ada siswa yang dengan mudah dipanggil maju ke depan kelas, sebaliknya banyak siswa yang selalu sulit untuk memberanikan diri tampil ke depan kelas. Hal lain lagi yang sering terlihat para siswa kurang terkondisi dalam keadaan bahwa tiap individu siswa memiliki peluang yang sama untuk dilibatkan secara aktif, seharusnya tidak melulu para siswa yang pandai saja yang aktif tetapi siswa lainnya pun dapat berperan lebih aktif dari biasanya. Untuk itu perlu dipikirkan model pembelajaran yang memungkinkan semua siswa aktif seperti beberapa model pengelompokkan yang telah banyak kita kenal.
Model pembelajaran yang didominasi oleh guru melalui ceramah-ceramahnya menyampaikan sejumlah informasi/materi pelajaran yang sudah disusun  secara sistematis mengkondisikan siswa dalam tingkat partisipasi yang rendah serta siswa sering berada dalam situasi “tertekan” yang berakibat pada tidak optimalnya pemusatan perhatian pada kemampuan yang harus dikuasainya menjadi rendah termasuk juga aktivitas belajar yang kurang menantang siswa untuk melakukan kerja yang maksimal.  Dan kalau hal ini terus berlanjut maka tujuan pengajaran IPS yang telah disampaikan di atas tidak dapat tercapai.
Untuk itulah diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendorong terciptanya pembelajaran IPS dalam hal ini materi Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi yang berkualitas yang berangkat dari pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Atas dasar semua itu, perlu adanya upaya-upaya agar segala hambatan yang selama ini berlaku dapat segera diatasi. Upaya-upaya yang mampu mengkondisikan seluruh siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara agar pembelajaran IPS dapat berlangsung dalam suasana aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
Oleh karena itu, perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi melalui model pembelajaran Number Heads Together (NHT) di kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pelajaran 2016/2017.

1.2    Identifikasi Masalah
Berdasarkan situasi di atas, kondisi yang ada saat ini adalah
1.2.1        Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS.
1.2.2        Partisipasi siswa di pembelajaran IPS masih sangat kurang.
1.2.3        Hasil belajar siswa kurang optimal.
1.2.4        Guru belum kreatif dan cenderung mempertahankan tradisi mengajar konvensional serta cenderung mengabaikan integrasi teknologi dalam pembelajaran.



1.3    Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.3.1        Bagaimana pengaruh model pembelajaran NHT terhadap aktivitas belajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang?
1.3.2        Apakah model pembelajaran NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang pada materi Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi?
1.3.3        Bagaimana pengaruh model pembelajaran NTH terhadap motivasi belajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang?

1.4    Tujuan Penelitian
1.4.1        Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajarn IPS.
1.4.2        Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
1.4.3        Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajarn IPS.
1.4.4        Menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran IPS.

1.5    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat:
1.5.1        Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran pada materi bangun ruang kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang.
1.5.2        Bagi kepala sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membuat kebijakan tentang peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, melalui pelatihan bagi guru tentang media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
1.5.3        Bagi siswa, penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran dengan mempergunakan media pembelajaran benda asli, karena suasana pembelajaran menyenangkan, motivasi belajar siswa meningkat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1         Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.        Aktivitas belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) pada pembelajaran IPS siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang pada materi Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi telah mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari hasil penelitian pada siklus I sampai siklus III, aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,63%, meningkat menjadi 74,11% pada siklus II dan menjadi 85,42% pada siklus III.
2.        Penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) secara nyata dan signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang. Peningkatan hasil belajar IPS siswa pada setiap siklus dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 5.1 Hasil Penelitian pada setiap Siklus

Siklus I
Siklus II
Siklus III
T
TT
T
TT
T
TT
Jumlah Siswa
16
12
20
8
25
3
Persentase
57,14%
42,86%
71,43%
28,57%
89,29%
10,71%

Berdasarkan tabel 5.1 terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi rata-rata mencapai 16,08%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT)  secara nyata dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang.

3.        Motivasi belajar IPS siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Buay Madang secara umum mengalami kenaikan rata-rata motivasi minimal cukup baik yang awalnya sebesar 75% siswa pada siklus I menjadi 82% siswa pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 90% siswa. Hal ini menurut analisis guru dikarenakan sebagai berikut: (1) Siswa senang dengan variasi model pembelajaran yang menurut mereka baru dan belum pernah mereka dapat sebelumnya (2) Materi pembelajaran yang dibahas relatif dapat dipahami oleh siswa karena di jenjang sekolah sebelumnya pernah diajarkan.

5.2         Saran
            Beberapa saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
5.2.1   Penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru yang dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
5.2.2   Tournamen/permainan dalam model pembelajaran Number Heads Together (NHT), hendaknya dirancang sedemikian rupa sehingga siswa lebih tertarik lagi dan dapat meningkatkan motivasi pada diri siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi siswa.


 Download Laporan PTK ini secara lengkap melaluai Link Berikut:




Share:

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Follow Us

web.facebook.com/smpnegeri2buaymadang

Wibesite

smpn2buaymadang.blogspot.com

Connect Us

E-mail : smpn2buaymadang@gmail.com or smpn2buaymadang@yahoo.co.id