Jln. Raya Belitang BK.1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 22 November 2018

BI MTW



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib diajarkan disekolah. Mata pelajaran bahasa Indonesia penting karena merupakan alat untuk mempelajari pelajaran lainnya. Oleh karena itu, kemampuan menguasai materi pelajaran bahasa Indonesia  sangat berpengaruh pada pelajaran lainnya. Semakin tinggi penguasaan pelajaran bahasa Indonesia, diharapkan akan semakin tinggi penguasaan pelajaran lainnya.
Berkaitan dengan pembelajaran empat aspek kemampuan berbahasa, Aminuddin (2009:3) mengatakan, ”Pembelajaran aspek-aspek kebahasaan pada hakikatnya adalah pembelajaran sastra”. Pembelajaran sastra, memiliki beberapa prinsip harus dipegang teguh. Pembelajaran sastra meliputi pembelajaran apresiasi puisi, prosa, serta drama. Untuk dapat memperoleh prestasi belajar apresiasi sastra, terdapat beberapa prinsip sebagaimana dikemukakan Nurjamal (2011:271) sebagai berikut.
(1) Pembelajaran sastra berfungsi untuk meningkatkan kepekaan rasa pada budaya bangsa, (2) Pembelajaran sastra memberikan kepuasan batin dan pengayaan daya estetis melalui bahasa, (3) Pembelajaran apresiasi sastra bukan pelajaran sejarah, aliran, dan teori sastra, (4) Pembelajaran apresiasi sastra adalah pembelajaran untuk memahami nilai kemanusiaan di dalam karya yang dapat dikaitkan dengan nilai kemanusiaan di dalam dunia nyata.

Kemampuan menganalisis unsur intrinsik Drama siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang masih sangat rendah sehingga perlu diadakan tindakan perbaikan. Berdasarkan identifikasi pendahuluan diketahui rendahnya kemampuan menganalisis unsur intrinsik Drama siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang disebabkan kurang komunikatifnya metode yang diterapkan guru. Oleh karena itu, upaya peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik Drama siswa kelas dilaksanakan dengan memilih serta menerapkan metode yang benar-benar tepat. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disepakati akan diterapkannya model pembelajaran Modeling The Way dalam tindakan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik Drama siswa kelas    VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang.
Metode Modelling The Way memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui demontrasi. Siswa diberi waktu untuk menciptakan skenario sendiri dan menentukan bagaimana mereka mengilustrasikan keterampilan dan teknik yang baru saja dijelaskan. Silberman (2011:234), “Melalui metode Modelling The Way, maka siswa dituntut untuk mampu mendengarkan dari apa yang akan dipentaskan oleh siswa yang lain”. Siswa mampu mendengarkan dengan baik dan lebih memahami bagaimana cara menemukan unsur intrinsik drama lewat praktik. Guru meminta siswa untuk mempraktikkan hasil skenarionya dengan siswa lain memahami dan menemukan unsur-unsur intrinsik drama tersebut lewat tanggapan dan analisis, maka siswa lebih mudah memahami lewat praktik daripada lewat membaca lalu menemukan. Sehingga dengan diterapkannya metode pembelajaran ini diharapkan siswa semakin termotivasi dalam mengikuti pelajaran pada materi unsur intrinsik drama dikelas.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka disusunlah rencana perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan metode Modelling The Way. Oleh karena itu dalam penelitian ini dirumuskan judul   Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Modelling The Way dalam Menganalisis Unsur Intrinsik Drama Siswa VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pelajaran 2016/2017”.

1.2    Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.2.1        Bagaimana pengaruh metode Modelling The Way terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang?
1.2.2        Apakah metode Modelling The Way dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang dalam menganalisis unsur intrinsik drama?
1.2.3        Bagaimana pengaruh metode Modelling The Way terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang?

1.3    Tujuan Penelitian
1.3.1        Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.3.2        Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.3.3        Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajarn Bahasa Indonesia.
1.3.4        Menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia.

1.4    Manfaat Penelitian
Prestasi penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat:
1.4.1        Bagi Guru Bahasa Indonesia
1)        Prestasi penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan model maupun metode pembelajaran bahasa Indonesia.
2)        Prestasi penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan koreksi terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia.
1.4.2        Bagi Sekolah
1)        Meningkatkan mutu serta ketuntasan prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
2)        Memberikan masukan guna perencanaan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia mendatang.
1.4.3        Bagi Siswa
1)        Memberikan pengalaman baru kepada siswa kelas VIII-A SMP    Negeri 2 Buay Madang dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek menganalisis unsur instrinsik Drama.
2)        Meningkatkan pemahaman serta kreativitas dalam menganalisis unsur instrinsik Drama siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang.




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1         Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.        Aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode Modelling The Way pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang dalam menganalisis unsur intriksik drama telah mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari hasil penelitian pada siklus I sampai siklus III, aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,05%, meningkat menjadi 75,57% pada siklus II dan menjadi 86,49% pada siklus III.
2.        Penerapan metode Modelling The Way secara nyata dan signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang. Peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa pada setiap siklus dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 5.1 Hasil Penelitian pada setiap Siklus

Siklus I
Siklus II
Siklus III
T
TT
T
TT
T
TT
Jumlah Siswa
15
14
21
8
26
3
Persentase
51,72%
48,28
72,41%
27,59%
89,66%
10,43%
Berdasarkan tabel 5.1 terjadi peningkatan presstasi belajar Bahasa Indonesia siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi menganalisis unsur intriksik drama rata-rata mencapai 18,97%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Modelling The Way secara nyata dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang.
3.        Motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang secara umum mengalami kenaikan rata-rata motivasi minimal cukup baik yang awalnya sebesar 75% siswa pada siklus I menjadi 82% siswa pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 90% siswa. Hal ini menurut analisis guru dikarenakan sebagai berikut: (1) Siswa senang dengan metode yang menurut mereka baru dan belum pernah mereka dapat sebelumnya (2) Materi pembelajaran yang dibahas relatif dapat dipahami oleh siswa karena di jenjang sekolah sebelumnya pernah diajarkan.

5.2         Saran
            Beberapa saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
5.2.1   Penerapan metode Modelling The Way sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran bagi guru yang dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa.
5.2.2   Langkah-langkah dalam metode Modelling The Way, hendaknya dirancang sedemikian rupa sehingga siswa lebih tertarik lagi dan dapat meningkatkan motivasi pada diri siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi siswa.

 Download Laporan PTK ini secara lengkap melaluai Link Berikut:




Share:

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Follow Us

web.facebook.com/smpnegeri2buaymadang

Wibesite

smpn2buaymadang.blogspot.com

Connect Us

E-mail : smpn2buaymadang@gmail.com or smpn2buaymadang@yahoo.co.id