Jln. Raya Belitang BK.1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 22 November 2018

IPA LLC



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui proses pendidikan diharapkan menghasilkan siswa yang berkarakter sebagai generasi bangsa yang memiliki kemampuan intelektual tinggi dan berkepribadian yang utuh, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai negara yang sedang berkembang Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang unggul dalam segala bidang. Salah satu caranya adalah dengan memperkuat sektor dibidang pendidikan melalui upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Persentase prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria kentutasan minimal (KKM) masih kurang memuaskan, hal tersebut dilihat dari prestasi belajar siswa pada materi Perkembangan dan Pertumbuhan di kelas VIII-A yang berjumlah 29 siswa, hanya 16 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dapat diketahui bahwa siswa yang tuntas belajar hanya mencapai 55,17% siswa yang kriteria ketuntasan minimalnya tercapai. Selanjutnya guru melihat prestasi belajar dari keseluruhan kelas VIII, ternyata prestasi belajar siswa masih banyak yang belum tuntas.
Faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA adalah ketepatan dalam memilih serta menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Strategi pembelajaran yang menurut guru cocok digunakan sebagai strategi pembelajaran saat ini ialah strategi pembelajaran aktif. Dalam strategi pembelajaran aktif, siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran sehingga dapat menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan dalam pembelajaran.
Strategi pembelajaran aktif merupakan strategi pembelajaran yang sangat populer termasuk untuk mata pelajaran IPA. Beberapa ahli menyatakan bahwa strategi pembelajaran aktif tidak hanya unggul dan membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit, tetapi juga sangat berguna untuk menumbuhkan kerjasama, kemampuan membantu teman dan sebagainya. Hasil dari penelitian para ahli telah terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil produk, proses, dan psikomotorik siswa baik SMA maupun SMP untuk kegiatan mata pelajaran IPA. Selain itu kualitas proses juga dapat ditingkatkan, hal ini dilihat  dari hasil pengamatan aktivitas siswa. Dominasi guru berceramah sudah sangat kurang dan telah beralih pada aktivitas membimbing dan memotivasi siswa. Sementara itu aktivitas siswa lebih banyak berupa bekerja, membaca, dan diskusi antar siswa. Dalam strategi pembelajaran aktif terdapat berbagai macam strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, diantaranya: Critical Incedent, Prediction Guide, Lightening The Learning Climate, Guided Teaching dan lain sebagainya.
Menurut Zaini (2008:82) Strategi pembelajaran Lightening the Learning Climate merupakan strategi pembelajaran dimana suatu kelas dapat dengan cepat menemukan suasana belajar yang rileks, informal dan tidak menakutkan dengan meminta peserta didik untuk membuat humor-humor kreatif yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Strategi ini sangatlah informal, akan tetapi pada waktu yang sama dapat mengajak peserta didik untuk berpikir. Dengan suasana belajar yang mengasikkan, akan membuat siswa mudah memahami pelajaran. Sehingga mata pelajaran IPA tidak lagi dianggap sulit dan tidak dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, dengan strategi pembelajaran aktif Lightening the Learning Climate, siswa akan termotivasi menjadi semangat belajar dan siswa akan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang di pelajari dalam pembelajaran. Dengan menerapkannya strategi pembelajaran aktif Lightening the Learning Climate, diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi pembelajaran IPA.
Berdasarkan uraian tersebut, maka guru berkeinginan untuk mengadakan suatu Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Lightening the Learning Climate Pada Materi Pembelajaran Perkembangan pada Manusia di Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pembelajaran 2017/2018”.

1.2    Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, kondisi yang ada saat ini adalah:
1.2.1        Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA.
1.2.2        Partisipasi siswa pada pembelajaran IPA masih sangat kurang.
1.2.3        Prestasi belajar siswa kurang optimal.
1.2.4        Guru belum kreatif dan cenderung mempertahankan tradisi mengajar konvensional serta cenderung mengabaikan integrasi teknologi dalam pembelajaran.

1.3    Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.3.1        Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran aktif Lightening the Learning Climate terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang?
1.3.2        Apakah strategi pembelajaran aktif Lightening the Learning Climate dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang pada materi Perkembangan pada Manusia?
1.3.3        Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran aktif Lightening the Learning Climate terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang?

1.4    Tujuan Penelitian
1.4.1        Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA.
1.4.2        Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
1.4.3        Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajarn IPA.
1.4.4        Menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran IPA.



1.5    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat:
1.5.1        Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran pada materi Pecahan kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang.
1.5.2        Bagi kepala sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membuat kebijakan tentang peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, melalui pelatihan bagi guru tentang strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
1.5.3        Bagi siswa, penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran dengan mempergunakan strategi pembelajaran aktif, karena suasana pembelajaran menyenangkan, motivasi belajar siswa meningkat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tabel 4.11    Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang Setiap Siklus


No
Nama Siswa
Nilai Siklus I
Nilai Siklus II
Nilai
Siklus III
1
Adenia Retno Ariyani
70
80
90
2
Aldi Nata Kesuma
80
90
90
3
Andre Zulya Pratama
50
70
80
4
Anis Yulianingtias
70
70
80
5
Candra Irawan
40
50
70
6
Diana Putri
70
70
80
7
Dimas Agus Tirta
80
80
90
8
Dino Prayogo
40
60
70
9
Eko Susanto
30
60
60
10
Excel Billiano
40
70
70
11
Fitriani
70
80
80
12
Ganta Tri Nanda
60
70
80
13
Hadi Wijaya
70
70
80
14
Hengki
30
50
60
15
Janata
70
70
70
16
Leni Pidiawati
40
60
80
17
Liliana Puspita
70
70
80
18
Muh. Miftah Maulana
50
70
90
19
Nailal Muna
50
60
70
20
Nila Wahyuni
50
70
70
21
Nur Septiani
70
80
90
22
Ratih Muhariya
50
60
60
23
Refi Fatma Sari
80
90
90
24
Reza Nopriyanti
50
70
90
25
Rindi Dwi Anggraini
80
90
90
26
Roi Jordi
70
70
80
27
Syahrizal
40
50
70
28
Wahyu Ari Wijaya
70
70
80
29
Zan Zikh Ham
80
80
90
Jumlah
1720
2030
2280
Rata-Rata
59,31
70,00
78,62
Nilai Ketuntasan > 70
15
21
26
Ketuntasan Belajar
51,72 %
72,41 %
89,66 %

Berdasarkan tabel 4.11 diketahui bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar IPA siswa pada materi Perkembangan pada Manusia di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Buay Madang. Peningkatan terjadi dari siklus I sampai siklus III. Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Download Laporan PTK ini secara lengkap melaluai Link Berikut:




Share:

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Follow Us

web.facebook.com/smpnegeri2buaymadang

Wibesite

smpn2buaymadang.blogspot.com

Connect Us

E-mail : smpn2buaymadang@gmail.com or smpn2buaymadang@yahoo.co.id