Jln. Raya Belitang BK.1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 22 November 2018

BI GI



BAB I
PENDAHULUAN

A.      LatarBelakang
Salah satu faktor terpenting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa adalah pendidikan. Pendidikan yang baik dan berkualitas akan memajukanbangsa, sebaliknya pendidikan yang terpuruk dan tidak merata akanmemperburuk situasi bangsa. Perbaikan pendidikan di Indonesia telah dilakukandengan berbagai cara menuju sebuah pendidikan yang lebihberkualitas. Salah satu kebijakan pemerintah di Indonesia adalah dengan melakukan perubahan-perubahan dalampendidikan, khususnya dalam kebijakan kurikulum yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah.
Meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan tanggung jawab guru. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran perlu ditingkatkan melalui berbagai kegiatan misalnya: Sertifikasi, Diklat, Workshop, dan lain-lain. Terdapat tiga aspek penting yang harus diajarkan oleh guru dalam proses pembelajaran yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Guru tidak hanya sekedar mengkomunikasikan pengetahuannya saja namun harus memperbaiki sikap dan melatih keterampilan siswa. Dengan diterapkannyaketiga aspek tersebut, maka tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan berbahasa. Hal tersebut sesuai dengan fungsi bahasa Indonesia sebagaimana dikemukakan Nazar (2006:2) bahwa ”bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi untuk menyebarluaskan informasi tentang kegiatan ilmiah dalam berbagai bidang ilmu, baik ilmu-ilmu sosial, kemanuasiaan, sains, maupun teknologi”. Salah satu tujuan pengajaran bahasa Indonesia adalah agar siswa memiliki disiplin dalam berpikir serta kecakapan berbahasa.
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa terlihat kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Keadaan demikian mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hal tersebut sebagaimana terlihat di kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang. Sesuai dengan akar permasalahanya yaitu kekurang tepatan guru dalam memilih serta menetapkan metode pembelajaran, maka perbaikan pembelajaran dilakukan dengan memilih, menetapkan dan menerapkan metode pembelajaran sesuai untuk materi pembelajran. Dalam penelitian ini ditetapkan metode Group Investigation dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek Menyimak Berita untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, aktivitas belajar siswa serta keterampilan siswa.
Berkaitan dengan metode Group Investigation, Hernawan (2006:27) menjelaskan ”Group Investigation merupakan metode pembelajaran dengan mengambil model berlaku dalam masyarakat, terutama mengenai cara anggota masyarakat melakukan proses mekanisme sosial melalui serangkaian kesepakatan sosial.” Metode pembelajaran ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills). Para siswa memilih topik pelajaran, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik dipilih, menyiapkan kemudian menyajikan dalam suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan.
Teknik presentasi dilakukan di depan kelas dengan berbagai macam bentuk presentasi, sedangkan kelompok lain menunggu giliran untuk mempresentasikan, mengevaluasi kemudian memberi tanggapan dari topik dipresentasikan. Melalui identifikasi terhadap ide pokok dalam berita secara berkelompok diharapkan siswa mampu Menyimak Berita dengan baik.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka disusunlah rencana perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan metode Group Investigation. Oleh karena itu dalam penelitian ini dirumuskan judul“Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Group Investigation Pada Materi Pembelajaran Menyimak Beritadi Kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pelajaran 2017/2018”.


1.2    PerumusanMasalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.2.1        Bagaimana pengaruh metode Group Investigation terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang?
1.2.2        Apakah metode Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswakelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang pada materi Menyimak Berita?
1.2.3        Bagaimana pengaruh metode Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang?

1.3    TujuanPenelitian
1.3.1        Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.3.2        Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.3.3        Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.3.4        Menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia.

1.4    ManfaatPenelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat:
1.4.1        Bagi Guru Bahasa Indonesia
1)        Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan model maupun metode pembelajaran bahasa Indonesia.
2)        Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan koreksi terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia.
1.4.2        Bagi Sekolah
1)        Meningkatkan mutu serta ketuntasan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
2)        Memberikan masukan guna perencanaan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia mendatang.

1.4.3        Bagi Siswa
1)        Memberikan pengalaman baru kepada siswa kelas VII-B SMP    Negeri 2 Buay Madang dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek Menyimak Berita.
2)        Meningkatkan pemahaman serta kreativitas Menyimak Berita siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang.




Tabel 4.11    Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang Setiap Siklus

No
NAMA SISWA
Nilai Siklus I
Nilai Siklus II
Nilai
Siklus III
1
ADE DAFIT
60
70
90
2
ADEN RINANDA
80
90
90
3
ALI RAMADHAN
70
70
80
4
ANJARI
40
50
70
5
APRILIA
70
70
80
6
AYU SALENDA
80
80
90
7
BAGUS SUPRIADI
40
60
70
8
BAYU MUSTAKIM
30
60
60
9
BIMA ERLANGGA
40
70
80
10
CHAIRUNISSA YUNI CINTIA
70
80
80
11
DINA LESTARI
50
70
80
12
EKA SRI SESTUNINGSIH
70
70
80
13
ELPAN DANU RIZKI
30
50
60
14
GENTA AGESTRA
70
70
70
15
GITA FEBIANA
40
60
80
16
HENDRA HERMAWAN
70
70
80
17
INDRA BAYU PURNAMA
50
70
90
18
JAGAD SATRIA
50
60
70
19
LESTARI NINGSIH
50
70
70
20
M. EKA PRA YUDHA
70
80
90
21
MARSYA ALEVIA PURNAMA
50
60
80
22
MARTIANTY AISYAH
80
90
90
23
MELIANA
50
70
90
24
NIMAS ASTO WINAHYU
80
90
90
25
RADITIA NUGROHO
70
70
80
26
RANI AGUSTIN
40
50
70
27
REMON RAMANDO
70
70
80
28
RESI OKTAVIANI
80
80
90
29
RIO INDRIYANTO
40
60
70
30
SANDI PRATAMA
30
60
60
31
SISKA MEIRINA
40
70
70
32
SITI NURHENI
70
80
80
33
TIYA APRIYANI
60
70
80
34
WIDYA SARI
60
70
80
Jumlah
1950
2360
2670
Rata-Rata
57,35
70,59
78,53
Nilai Ketuntasan > 70
15
24
31
Ketuntasan Belajar
44,12 %
70,59 %
91,18 %





Download Laporan PTK ini secara lengkap melaluai Link Berikut:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Follow Us

web.facebook.com/smpnegeri2buaymadang

Wibesite

smpn2buaymadang.blogspot.com

Connect Us

E-mail : smpn2buaymadang@gmail.com or smpn2buaymadang@yahoo.co.id