Jln. Raya Belitang BK.1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 22 November 2018

BI RS



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib diajarkan disekolah. Mata pelajaran bahasa Indonesia penting karena merupakan alat untuk mempelajari pelajaran lainnya. Oleh karena itu, kemampuan menguasai materi pelajaran bahasa Indonesia  sangat berpengaruh pada pelajaran lainnya. Semakin tinggi penguasaan pelajaran bahasa Indonesia, diharapkan akan semakin tinggi penguasaan pelajaran lainnya.
Berkaitan dengan pembelajaran empat aspek kemampuan berbahasa, Aminuddin (2009:3) mengatakan, ”Pembelajaran aspek-aspek kebahasaan pada hakikatnya adalah pembelajaran sastra”. Pembelajaran sastra, memiliki beberapa prinsip harus dipegang teguh. Pembelajaran sastra meliputi pembelajaran apresiasi puisi, prosa, serta drama. Untuk dapat memperoleh hasil belajar apresiasi sastra, terdapat beberapa prinsip sebagaimana dikemukakan Nurjamal (2011:271) sebagai berikut.
(1) Pembelajaran sastra berfungsi untuk meningkatkan kepekaan rasa pada budaya bangsa, (2) Pembelajaran sastra memberikan kepuasan batin dan pengayaan daya estetis melalui bahasa, (3) Pembelajaran apresiasi sastra bukan pelajaran sejarah, aliran, dan teori sastra, (4) Pembelajaran apresiasi sastra adalah pembelajaran untuk memahami nilai kemanusiaan di dalam karya yang dapat dikaitkan dengan nilai kemanusiaan di dalam dunia nyata.

Salah satu bentuk pembelajaran apresiasi sastra adalah pembelajaran membaca puisi. Menurut Sayuti (dalam Sukino, 2010:113) Puisi merupakan pengucapan bahasa memperhitungkan adanya aspek-aspek bunyi di dalamnya mengungkapkan pengalaman imajinatif, emosional dan intelektual penyair ditimba dari kehidupan individu dan sosial yang diungkapkan dengan teknik tertentu sehingga dapat membangkitkan pengalaman tertentu pula dalam diri pembaca atau pendengarnya. Puisi merupakan karya sastra lama Indonesia bentuk puisi.
Kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang masih sangat rendah sehingga perlu diadakan tindakan perbaikan. Berdasarkan identifikasi pendahuluan diketahui rendahnya kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang disebabkan kurang komunikatifnya strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Oleh karena itu, upaya peningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas dilaksanakan dengan memilih serta menerapkan strategi pembelajaran yang benar-benar tepat. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disepakati akan diterapkannya model pembelajaran Rehearsal Strategis dalam tindakan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang.
Berkaitan dengan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis, Kartono (2008:71) menjelaskan bahwa kata Rehearsal diartikan mengulang-ulang kembali informasi dan menyandikannya dalam sandi-sandi tertentu untuk disimpan dalam ingatan, di dalam belajar imitatif, belajar secara meniru atau dapat diartikan lagi sebagai pengulangan informasi atau perilaku yang  dipelajari. Rehearsal memperpanjang penyimpanan ingatan jangka pendek dan membantu memindahkan materi pelajaran ingatan jangka panjang.
Strategi pembelajaran Rehearsal Strategis yang dapat digunakan dalam pembelajaran deklamasi puisi adalah Rehearsal sederhana. Berkaitan dengan strategi pembelajaran Rehearsal sederhana Trianto (2007:91) mengatakan, “Strategi Rehearsal sederhana adalah mengulang materi pelajaran dengan keras atau dengan pelan melalui teknik hafalan”.
Atas dasar penjelasan tersebut, Guru tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis sebagai strategi pembelajaran membaca puisi untuk meningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang. Berdasarkan identifikasi masalah serta asumsi dasar pemilihan strategi pembelajaran rehearsal strategis maka dirumuskan judul penelitian“Penerapan Pembelajaran Rehearsal Strategis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang Tahun Pembelajaran 2014/2015”.

1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dalam latar belakang masalah, maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:
1.        Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dalam pembelajaran membaca puisi di kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang?
2.        Bagaimanakah kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang setelah tindakan dilakukan?
3.        Apakah penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang?

1.3         Cara Pemecahan Masalah
Setelah memperoleh permasalahan-permasalahan melalui proses identifikasi pada latar belakang serta rumusan masalah, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap masalah-masalah tersebut untuk menentukan urgensi penyelesaiannya. Dalam hubungan ini akan ditemukan permasalahan untuk diatasi seperti penguasaan materi pelajaran pada pokok bahasan membaca puisi.
Penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dilakukan sebagai upaya menyelesaikan masalah dalam pembelajaran membaca puisi. Implementasi strategi pembelajaran Rehearsal Strategis adalah melalui tindakan-tindakan berkelanjutan dalam siklus. Setiap siklus merupakan kelanjutan dari siklus sebelumnya sehingga rencana pemecahan masalah dilakukan dengan menganalisis berbagai kendala dalam pelaksanaan siklus untuk ditindaklanjuti pada siklus berikutnya.

1.4         Rencana Tindakan
Rencana tindakan perbaikan ini direncanakan akan dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu planning, acting, observating, dan reflecting. Apabila setelah tiga siklus belum memenuhi target yang ditentukan maka penelitian akan dilanjutkan pada siklus-siklus berikutnya hingga mencapai target.

1.5         Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini diuraikan sebagai berikut:
1.        Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dalam pembelajaran membaca puisi di kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang.
2.        Mendeskripsikan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang setelah tindakan perbaikan.
3.        Mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang.

1.6         Manfaat Penelitian
Adapun praktis manfaat penelitian ini sebagai berikut:
1.        Bagi Guru, Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan model maupun strategi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pokok bahasan membaca puisi.
2.        Bagi Sekolah, Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu serta ketuntasan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan membaca puisi.
3.        Bagi Siswa, penelitian tindakan perbaikan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang dalam pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan membaca puisi dan meningkatkan pemahaman serta kemampuan membaca puisi siswa.


BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

5.1         Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.        Pembelajaran membaca puisi di kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1 guru memulai pelajaran dengan mengenalkan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis. Pembelajaran siklus 1 dilanjutkan dengan latihan membaca puisi berjudul Cintaku Jauh di Pulai Karya Chairil Anwar. Pada siklus 2 dan 3 pembelajaran membaca puisi melalui penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dilaksanakan dengan menekankan siswa berlatih mengarisbawahi kata kunci, membuat catatan tepi serta latihan membaca puisi. Setelah semua kegiatan selesai, guru melakukan evaluasi dengan menugaskan siswa membaca puisi di depan kelas.
2.        Penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis secara nyata dan signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang. Peningkatan kemampuan membaca puisi siswa pada setiap siklus dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 5.1 Hasil Penelitian
Prasiklus
Siklus 1
Siklus 2
Siklus 3
T
TT
T
TT
T
TT
T
TT
17,86%
82,14%
42,86%
57,14%
71,43%
28,57%
89,29%
10,71%
Berdasarkan tabel 5.1, maka terjadi peningkatan kemampuan membaca puisi siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi membaca puisi pada setiap siklusnya mencapai 25,83%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis secara nyata dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang dalam membaca puisi.

5.2         Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rehearsal Strategis dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Buay Madang, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1.        Bagi Sekolah, untuk meningkatkan kreativitas serta kemampuan berbahasa siswa seperti kemampuan membaca puisi hendaknya sekolah dapat melakukan berbagai terobosan baru sehingga sekolah benar-benar dapat menjadi mediator perkembangan siswa.
2.        Bagi guru, hendaknya memposisikan siswa sebagai subjek belajar dengan mengupayakan agar siswa selalu aktif mengikuti proses pembelajaran serta memberikan banyak latihan baik secara kelompok maupun mandiri kepada siswa agar kemampuan berbahasa siswa dapat berkembang.
3.        Bagi Siswa, untuk memperoleh kecakapan berbahasa seperti kecakapan membaca puisi hendaknya siswa memperbanyak latihan dan menghilangkan rasa kurang percaya diri untuk mencoba membaca puisi.


Download Laporan PTK ini secara lengkap melaluai Link Berikut:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Follow Us

web.facebook.com/smpnegeri2buaymadang

Wibesite

smpn2buaymadang.blogspot.com

Connect Us

E-mail : smpn2buaymadang@gmail.com or smpn2buaymadang@yahoo.co.id